Tuesday, June 17, 2014

Cara Mencegah Karat dengan Oli dan Sering Mencuci

agungcn69.blogspot.com
Cara Mencegah Karat dengan Oli dan Sering Mencuci - Banjir banyak menyebabkan masalah lain bagi motor, tidak hanya kerusakan spare part tetapi dampak lainnya yaitu karat. Proses karat ini memang lama, tapi bila tidak dicegah akan berdampak bahaya bagi si pengendara.

Para teknisi motor mengatakan bahwa salah satu cara termudah untuk mencegah motor terhindar dari serangan karat adalah dengan rajin mencuci sepeda motor terutama bila motor kita habis terkena air hujan. 

Zat asam yang ada pada air hujan yang akan menempel pada sepeda motor kita, bila kehujanan bisa menimbulkan korosi jika bekas air hujan itu menempel terlalu lama di motor kita. 

Bagian motor yang paling sering terkena karat biasanya di bagian rantai, pelek, baut-baut, knalpot, standar, piston rem. Dan untuk mencegah karat semprotkan cairan penetran. 

Salah satu cara untuk mencegah karat pada rantai, yaitu sesudah mencuci motor bersihkan kotoran yang menempel lalu semprotkan pelumas rantai. Karat yang ada pada rem biasanya terjadi di kanvas rem dan juga piston cakram rem. Cara untuk terhindar dari karat pada bagian ini yaitu dengan menginjak rem berulang kali supaya kanvas menjadi kering. 

Bagian lain yang juga sangat rentan karat adalah knalpot, pada umumnya menimpa leher knalpot. Hal ini dikarenakan air hujan yang langsung kering bila terkena knalpot yang panas. Bekas air hujan ini bisa menyebabkan karat yang apabila di biarkan dapat membuat knalpot keropos. 

Cara mencegah knalpot yang terkena karat yaitu dengan mengoleskan pelumas di bagian leher knalpot setelah memanaskan mesin motor. Selain itu juga tuangkan sedikit oli kira-kira 1-2 sendok makan ke dalam knalpot saat memanaskan motor. Karat dapat juga menyerang standar samping dan standar tengah. 

Kedua bagian ini juga termasuk salah satu bagian yang sering berhubungan dengan air. Untuk yang sudah terkena karat cara untuk menghilangkannya yaitu dapat menggunakan sabun yang di campur dengan minyak tanah dan di oleskan pada bagian yang berkarat.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...