Wednesday, July 24, 2013

Speaker suara moge palsu di motor


http://duniamotormaticindonesia.blogspot.com/
duniamotormaticindonesia
Perkembangan dunia otomotif pada saat ini begitu melejit dengan pesat, pasalnya para pengguna kendaraan khususnya sepeda motor matic mencari atau memunculkan inovasi-inovasi terhadap perangkat yang akan digunakan pada tunggangannya agar berbeda dari yang lain.Seperti diantaranya trend modifikasi velg 17 ala thailand, jok disebit , lampu utama ala jap eyes , pemasangan hidrolik jok dan masih banyak lagi inovasi yang di buat agar tampilan motor kita berbeda dari yang lain.Hal tersebut merupakan suatu tindakan untuk memperpuas diri oleh tampilan motor kita agar terlihat berbeda atau ingin menjadi pusat perhatian.

Dewasa ini apakah kalian suka mendengar suara mirip moge yang bersumber dari motor khususnya matic ? Nah hal tersebut memang inovasi yang trend pada tahun 2007 yang banyak dipasang pada motor matic umumnya . Sebenarnya dipakai dimotor apapun juga bisa seperti motor bebek , motor atau pun motor laki lainnya yang asalkan memiliki ruang kosong untuk menaruh alatnya . Nah alat tersebut berupa speaker, kaver dari paralon untuk wadah speakernya dan 2 kondensator/kapasitor dengan nilai tertentu . Speaker yang digunakannya pun bisa speaker ukuran berapapun tapi standarnya untuk menghasilkan suara yang agak ngabass itu digunakan speaker yang berdiameter kurang lebih 20 cm/10 inc     ( pengalaman saya ). Video penampakan speaker suara moge

http://duniamotormaticindonesia.blogspot.com/
www.duniamotormaticindonesia.blogspot.com

http://duniamotormaticindonesia.blogspot.com/
www.duniamotormaticindonesia.blogspot.com

Nah untuk masalah tekhnisnya , kabel speaker yang berlambangkan negative itu di sambungkan dengan soket rem belakang dengan posisi kabel menyatu dengan kabel lampu rem dan kabel dengan lambang positive itu di sambungkan ke ground atau batang.Untuk saklar on/off nya itu dengan menggunakan nyala lampu utama motor , jadi kalo ingin bunyi harus di nyalain lampu utamannya , tapi otomatis kalo malam itu pasti berbunyi , tetapi kalo anda tidak ingin berbunyi meskipun lampu utama tetap menyala itu buat saja saklar di tengah-tengah kabelnya atau di dekat speakernya.

Sebenaranya untuk perakitan atau pemasangan speaker suara moge itu ada berberapa versi tergantung dari ilmu yang dimiliki oleh kita . Nah untuk penjelasan di atas itu saya ambil atau saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya lakukan.Saya sudah pernah memasang alat ini di motor supra x 125 , Honda CBR 250 cc , honda vario CBS dan di motor honda vario absolute.Semuanya itu memakai teknik perakitan dsan pemasangan seperti yang telah saya paparkan di atas tadi , alhasil allhamdilillah alat tersebut awet sampe sekarang .Untuk pemasangan yang maksimal anda juga dapat menambahkan rangkaian amlpi untuk mengatur volumennya ,tetapi setelah saya praktekan sendiri kalau memakai ampli awalnya saja bagus ngabass banget suaranya tetapi setelah digas di atas 20 km/jam suara yang keluar nya kecil sekali , disampin itu apabila ingin menggunakan amli anda harus menghubungkannya dengan aki , hal tersebut pasti akan mempengaruhi daya tahan aki tersebut atau dengan kata lain akan cepat habis.Nah untuk tempatnya saya rekomendasikan di bagasi jok motor yang cukup untuk speakernya , jangan kuatir suaranya tidak akan keluar , suarnya pasti keluar tapi tapi agak terhambat karena tidak ada jalur udara . Untuk itu saya sarankan untuk membuat bolong di bagasinya untuk jalur udara dan jalur suara.

Demikian informasi atau pengalaman saya tentang speaker suara moge palsu yang dapat anda aplikasikan di kendaraan anda , semoga ada manfaatnya.

137 comments:

  1. mau donk pasang tau gak dmana yang bisa pasang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bengkel motor juga bisa kalo mau pasang

      Delete
    2. Bro liat fto pemasangan kabel'y dong byr lbih jlas..

      Delete
  2. gan mau nanya dong,
    kan ane udah beli speaker tapi pas di hubungkan yang positif ke lampu depan, terus yang negatif ke bodi motor ,
    tetap aja ga ada suara terus lama-lama jadi keluar asap gan...
    kira -kira kenapa ya?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi ukuran ich speakernya tidak cocok dengan pengeluaran arus listrik di motornya,kan ada beberapa sepeda motor pengeluaran arus kelistrikannya berbeda.Atau bisa jadi speaker anda harus memakai tambahan komponen elektronik , saya lupa namanya , bentuknya tabung kaya kondensator.

      Delete
    2. oh berarti speaker yg saya pake itu kurang kuat arusnya ya ?
      jadi harus di ganti dengan speaker yg arus nya lebih besar dengan motor nya ya pa...

      Delete
    3. Salah kabel nya , baca lagi di atas yg teliti . negatif itu di socket lampu . yg positif di ground

      Delete
    4. Jangan kaya gitu... itu salah.... pasang ke lampu senja belakang aja (LAMPU MALAM)

      Delete
  3. sama nanya ini gan,
    itu di atas kan ada cara :(kabel speaker yang berlambangkan negative itu di sambungkan dengan soket rem belakang dengan posisi kabel menyatu dengan kabel lampu rem dan kabel dengan lambang positive itu di sambungkan ke ground atau batang)
    nah yang kabel positif itu di smabung ke batang, maksudnya batang itu kemana nya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. batang,ground atau rangka kalo istilah lainnya pak.

      Delete
  4. Gan speaker yg cocok untuk motor Honda Revo thn 2008 apa? terus cara membologi bagasinyaa itu seperti apa? thx

    ReplyDelete
  5. @Sevensoft bisa jadi begitu masalahnya , tetapi saya sarankan mending pake komponen elektronik lagi untuk menstabilkannya , terus bisa meminimalisir mengeluaran kelistikan dari aki (pengalaman saya).

    @abed "membolingi" maksudnya ?

    ReplyDelete
  6. sebenernya saya masih bingung untuk ngerakit nya sendiri , terus buat ke motor nya biar ga angus ,,

    tapi ntar saya coba-coba lagi deh pa.. :)
    makasih

    ReplyDelete
  7. Oh iya kalo begitu, sama sama :) @Sevensoft

    ReplyDelete
  8. kapasitornya ukuran brapa bro...? butuh berapa biji?

    ReplyDelete
  9. Nanya gan,ane mau pasang di vario 125,jd speaker sperti apa yg cocok,trus komponen apa lg yg yg sesuai untuk speker tersebut

    ReplyDelete
  10. Nanya juga,untuk satu buah sepeda motor biasanya brp biaya yg di perlukan untuk beli alat2 speaker td gan?

    ReplyDelete
  11. @DianKA Kalo ukurannya saya ga tau mas soalnya polos ga ada kodenya , yang jelas 2 biji mas dian.

    @Faisal semua jenis speaker pun cocok asal seimbang sama kelistrikan motornya, trus hanya 2 kapasitor kompnennya tapi saya kurang tau ukuran berapa berapanya.
    Untuk masalah harga bisa PM saya saja lewat email , maaf sebelumnya :)

    ReplyDelete
  12. gan punya ane ga tahan speker x tebakar terus gimana ni gan ane pake suzuki smash

    ReplyDelete
  13. @Agus pake komponennya apa emang gan ? trus berapa nilainnya ?

    ReplyDelete
  14. gan komponen rangkaiannya apa az?
    pngen bget nih bkin sendiri

    mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru on lagi nih ane. Yang pasti speaker, 2 kapasitor , kabel hitam dan putih , saklar dan tutup paralon yang sudah disesuaikan buat nutupin bagian belakang speakernya. Kalo nilai kapasitornya ane kurang paham gan soalnya ga ada angka yang tertera dikapasitornya.

      Delete
  15. gan, yang bener disambungin ke generator atau kemana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung ke kiprok atau melalui kabel rem gan :) maaf telat baru on lagi nih hehehe

      Delete
    2. Boss ane punya speker chanel mobil & dispekernya sudah ada elco 25 volt spekernya 17.5 watt.. Kira2 bisa g bisa bos buat diapasang dimotor matic? ??

      Delete
  16. Ane mau mesen gan.,.., brpa hrga n dimane TKPnya.,.

    kalo ada hub 756894D4 / 085773632428 .,.thx sbelumnya.

    ReplyDelete
  17. wah,...setau ane kalau speaker dialiri arus dc pasti langsung nyossss,..jadi abu,....kalau speaker ntu penguatnya komponen elektronik,....

    ReplyDelete
  18. tutorial yang bagus gan. Kami menjual speaker TOA. dengan harga terjangkau semoga kedepannya kita bisa bekerjasama.

    ReplyDelete
  19. emang bener gan nyos kalo langsung pasang di DC,,, wajib ada capasitornya, dan juga untuk speaker pasti ada speck impedancenya berapa ohm gan,,, ane jg mau bikin , , , hehehe

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Maaf gan ga ada gambar rangkaianya, soalnya sangat sederhana pemasanganya.

      Delete
  21. Pesan jadinya dong gan.buat beat matic F1,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling ane buatinnya awal bulan depan gan kalo mau, soalnya lagi sibuk nih kalo sekarang-sekarang.

      Delete
  22. gan kebetulan motor saya supra x 125.. bisa bagi infonya mau masang di supra x 125?? apa2 saja yg di butuhkan.. speker berapa watt dan kapasitor berapa bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speaker 6 1/2" dan 2 elko yang satu 400v 22uf dan yang satunya lagi ane lupa lagi.

      Delete
    2. speaker 6 1/2" maksudnya gmana it bro??

      Delete
    3. boleh minta gambarin rangkainya ngak bro?? positif dan negatif speaker dan elco di sambung kmana..

      Delete
    4. Maksudnya itu speaker 6 setengah inc.

      Delete
    5. elconya gmana in bro... 1 lagi pake yg berapa bro.. dan tolong jelasin negati dan positifnya speaker dan elko di sambung k'mana aj bro??

      Delete
    6. Coba deh agan ubek di thread & komen ini ane udah kumpas tuntas semuanya disitu https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=484988438262057&id=444595852301316&comment_id=3757747&offset=0&total_comments=82&notif_t=share_comment

      Delete
  23. dan kabel2nya nanti di sambung kemana aj bro...

    mohon petunjuknya bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel positif ke lampu/output spull, kabel negatif ke ground/chassis

      Delete
    2. halo banyak bahasa Anda, tetapi saya tidak bisa secara eksplisit saver jika saya bisa menjelaskan mekanisme ini sebagai 'berjalan dan jika saya dapat menempatkan saya fz 16 am dari Kolombia email saya adalah frank.gama.23 @ hotmail.com thanks for your help

      Delete
    3. Banyak pasti mendengar pembicara atau pikiran yang lebih baik yang tepat kapasitas

      Delete
    4. Sorry, I don't understand your language.

      Delete
    5. I wonder that speakers should be used rather than exact specifications should be about homios and others. if you can make a video of the exact installation would mind much help thanks

      Delete
    6. mira yo hablo español lo que quiero saber es que altavoces usar mejor dicho las expecificaciones exactas para una fz 16 y si es necesario el condensador y como se instala en si si puedes hacer un video de explicacion como se instala y todo paso por paso seria de mucha ayuda gracias

      Delete
    7. I don't understand your language. Sorry, I can not make a video on how to install such a device other than Indonesian.

      Delete
    8. I just want to know if a speaker homios 8 and 200 W or watts works for me and does not burn when connecting wing motorcycle battery and if that works for me or speaker specifications must have the speaker or exactly how many watts and how many W homios

      Delete
    9. Saya hanya ingin tahu apakah homios speaker 8 dan 200 W atau watt bekerja untuk saya dan tidak membakar saat menghubungkan baterai sepeda motor sayap dan jika itu bekerja untuk saya atau spesifikasi speaker harus memiliki speaker atau tepatnya berapa watt dan berapa banyak homios W

      Delete
  24. ME BANYAK SEPERTI ANDA DAN TEKNOLOGI MODIFIKASI SEPEDA MOTOR TERUTAMA AS

    ReplyDelete
  25. bsk2 tlg ksih tw besar ELCO nya om

    mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan siap, masalahnya ane lupa lagi hehehe

      Delete
  26. klo di pasang z250 apa bs om... klo mau psg dmn ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal sesuai aja ukuran speaker sama elkonya gan, coba ke toko variasi.

      Delete
  27. Motorku hondo cbr injeksi kalau boleh tau ukuran elconya berapa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane lupa lagi gan, tergantung ukuran speaker sama kelistrikan motornya nanti ukura elconya di sesuaikan. Konsultasi aja sama ahli elektro terdekat gan. Biasanya kalo ukuran speaker 6 1/2 inc itu ukuran elkonya 400v 22uf. Tapi balik lagi semua itu tergantung ukuran speaker sama kelistrikan motornya.

      Delete
  28. Gan aku pernah pasang di byson negative ke kiprok positif ke ground, tapi kalo di pasang saklar saat off malah kabel panas banget kadang keluar asap gimana? Kalo on normal lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu harus pake tahanan lagi dikabelnya gan. Coba cari ke toko elektronik dan konsultasikan.

      Delete
  29. Aq udah coba gan di vario 125 tapi koq gak bisa idup speakernya,padahal speakerny persis sama yang di gambar loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang salah pada saat pemasangan/penyambungan kabel gan. Coba terus gan banyak eksperimen.

      Delete
  30. Minta gambar rangkaiannya dong, buat vario 110cc (yg dlu) tpi mau pke saklar.. Please ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gambar dibuat oleh agan @Ryu : https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/t1.0-9/10294457_1508394839381819_8369530982772877490_n.jpg

      Delete
  31. Brapa watt speaker yg hrus di gunakan? truz kapasitor yg nilai brapa yg haruz di gunakan,,,?
    Sya habis habis 4 speaker smuanya gax sanggup lama,,,,,truz k bkar,,,, tlong agan pencerahan nya di mtor byson,,,, sya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubek aja di comment ini gan semuanya udah dibahas : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=484988438262057&id=444595852301316&comment_id=649852345108998&offset=0&total_comments=181&notif_t=share_comment

      Delete
    2. Hlah.....kadal kok di buayain.......

      Delete
    3. Maaf sebelumnya, maksudnya apa ya ?

      Delete
  32. buat Honda CB150r alat yang dibutuhin apa aja gan? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speaker ukuran 6 1/2 inc 200 watt, kapasitor ukuran 400v/22uf , kabel sama saklar gan.

      Delete
  33. itu serius bisa bro??
    gw udah coba seperti yg u bilang koq ga bunyi ya, ninja 250

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius gan, tapi kalo untuk ninja 250 belum ada yang laporan pernah pasang. Untuk lebih jelasnya kami sudah mengupas tuntas di thread ini monggo >> http://goo.gl/FahvTT

      Delete
  34. bangbro ane punya sound aktif 20 watt . gimana cara masang nya untuk motor mega pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk di mega pro kayanya ampir sama dengan vixion. Untuk itu monggo diobok di thread >> http://goo.gl/FahvTT

      Delete
  35. kalau mau mesen salon moge bagaimana caranya

    ReplyDelete
  36. Gan klo yg buat megapro lama ukuran kapasitor nya berPa and watt nya brapa
    Tolong pm on

    ReplyDelete
  37. ane udah nyoba di thunder tapi suaranya pelan banget gan :/

    ReplyDelete
  38. gan untuk cbr 250 Bahan lengkap nya ap aj gan
    speaker brp watt?
    kapasitor ukuran berapa gan?
    supaya suara nya kencang gan

    ReplyDelete
  39. speakernya itu kayak speaker speaker di toko elektronik iku ta gan? atau beda?

    ReplyDelete
  40. Ane pakek jupitwr mx taun 2014 kok gk bisa nyala.. ukuran speakwr 6inc trus awalnya nyala tapi mati trus gk bisa nyala lgi

    ReplyDelete
  41. Maaf Bro kl ingin bg ilmu tlg jgn nanggung... saya baca dari awal.. kalo ditanya alasan kok lupa melulu.. masa merakitnya bisa.. kok ukuran komponen nya pasti lupa.. yg serius donk gan jd kasihan tuch teman teman.. utk nyoba ada yg sampai habis 4 biji speaker..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro ane coba bantu dikit elconya pake yg 4700mf 50v di pasang di kutub positif speaker, inget positif elconya di disambungin ke kutub positif speaker, trs negatif elco kesoket soket rem yg utk lampu malemnya bukan yg nyala pas di rem.semoga membantu.

      Delete
  42. Gan untk vario tehcno 125 Fi bahanya apa aja dn kapasitasnya brpa ja? Klo beli di agan brpa duit?

    ReplyDelete
  43. Klu utk.vixion new lighting...jenis speakernya apa mas?

    ReplyDelete
  44. mas bro ane mau instal di Supra x 125 ni speker yg ane punya 20 watt,,kira2 berapa elco dan resistor yg dibutuhkan mas bro... tolong reply y.....
    inbox ke arie87.doank@gmail.com di tunggu y gan..

    ReplyDelete
  45. Mau pasang speker ninja di cb150r bisa ga betapa biayanya

    ReplyDelete
  46. cara memasang di motor thunder gomana om pingin nyoba aku om plisszzz

    ReplyDelete
  47. kalo pake kapasitor bank gimana ?

    ReplyDelete
  48. kalo pake kapasitor bank gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  49. Pusing bikin.nya gan,bantuin buat gan,motor ane r15,hangus terus,elko sama spikernya yg recomended ukuran brapa aja?

    ReplyDelete
  50. Dari hasil yg ane coba pake speaker 6",elco ukuran 2200 uf/25 volt 2 pcs, kabel merah hitam dan saklar on off,skema rangkaian email ke ane...

    ReplyDelete
  51. gan ane ada soundbooster tapi suaranya cempreng gitu, gak ngebass... terus di rpm tinggi suaranya makin ilang ... ane pke speaker 20 watt.. kira2 knp itu ya gan? ane beli bkn bikin sndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  52. Bagi ilmunya setengah2,dasar bangsat,klo mau jualan ngomong aja,tu yg Lain PD Jadi korban!! Dsar tolollll

    ReplyDelete
  53. Ini gw kasih tips nya buat agan2 semua.
    Elco nya coba pake yg 4700mf 50v.trs pake saklar on/off nya yg kaki 2 aja. Speaker nya mo pake yg 4 inchi atau yg 6 inchi terserah agan aja yg penting diatas 25/50watt.pipa paralon sesuai ukuran speaker atau agan mau bikin box jg boleh.
    Cara ngerakitnya, kutub positif speaker di sambungin ke positif elco, trs negati elco di sambungin ke slah satu kaki saklar, kaki sklar yg satu nya lg di sambungin ke soket lampu malem yg di stop lamp biasanya kabel wrna biru.
    Nah utk kutub negatif dr speaker agan sambungin aja ke rangka motor (massa).
    Semoga bisa membantu buat yg ingin mencoba.

    ReplyDelete
  54. Gan gw udah psang sound nya , tpi knpa wktu ngbut kok suara nya malah kecil gan , tpi klo plan bsar suara nya , it gmna gan ?? Ad solusi nya gk , tolong ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emng speaker nya pake yg brpa inchi gan trus watt nya brpa gan.
      Pakein box atau paralon sbagai rumah speaker sangat brpengaruh trhadap kualitas yg di hasilkan sound speaker

      Delete
  55. Saya pasang bekas new vixion di cb150r.tp kok suaranya nggorok bgth.masalahny dimana itu mas? Mhon jwbn ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu biasanya karna kualitas speaker kurang bagus, trs api yg di ambil trlalu besar smtara kapasitas watt speakernya kecil jd suara nya kayak sember.
      Agan nyambung nya di dr kabel mana gan.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Gan, lo tinggal dimana, bisa g msangin supra x 125 ?

    ReplyDelete
  58. Nyari speaker motor kesini aja bro --> http://speaker-motor.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  59. Min ane ada speaker yg 6 ohm,itu resistornya yg berapa ya

    Tolong masukannya ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. g pke resistor..
      pke kapasitor + Elco, dijamin top gan.

      Delete
  60. Gan tempat pemasangan sound booster yang paling bagus untuk JUPITER Z-CW 2012 dimana ya gan?

    ReplyDelete
  61. Gan kan saya pasang sound booster.. teman saya juga pasang, terus cara buat biar suara sound booster saya beda dengan teman saya gimana ya??

    ReplyDelete
  62. Bikin sendiri aja gan, skemanya di : http://andre-elektrik.blogspot.co.id/2015/10/membuat-suara-tambahan-suara-tiruan.html

    ReplyDelete
  63. Saya udah coba di suara x 125 kok suaranya pelan banget cara memperkeras suaranya gimana ya..?

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. pak gan.. apa tdk ada efek komponen pada motor untuk pemasangan ini..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada gan...
      Efeknya dalam jangka waktu lama cuma kebakar speakernya atau elconya...
      Motor aman...yg penting jngn sampai terjadi konslet pada rangkaian mtor tsb...

      Delete
  66. Ane mw coba ngisi buat agan2....
    Sediakan speakernya...
    Untuk speaker 4" pakai elco 470uf 25v 1pcs.
    Untuk speaker 6" pakai elco 470uf 50v 1pcs.
    Dijamin gk ngasep itu speaker. Dan suara jg idah lumayan bagus. Untuk suara agak bagus gunakan speaker woofer merk ACR.. kalau kemahalan pakai merk marcopolo jg bgus....
    Slmat mencoba...
    Monggo......

    ReplyDelete
  67. brapa harga nya gan...
    udah tersedia di tiap daerah blum gan

    ReplyDelete
  68. mas kalau untuk matic vario new 125 gmana cara masang sound bosternnya mas mhn jawapannya mas makasih,,,

    ReplyDelete
  69. Klw untuk vario 125 gen.d pasang knm.. ksih tau dunk..?

    ReplyDelete
  70. Mas kalau untuk Vario 125 gimana masangnya Mas

    ReplyDelete
  71. Saya udah tiga kali ganti soundbooster,ke bakar semua,udh ganti speaker masih ke bakar ,kalau pakai kapasitor ntar suaranya g ada mas motor saya Fino mas

    ReplyDelete
  72. Gan kalo buat Mio Fino ukuran speaker dan rangkaiannya kek mana,,,

    ReplyDelete
  73. saya coba ngerakit sendiri di Honda beat yg pertama, pake speaker ukuran 6in 60w, pake Elko 25v 470uf,,
    . . saya berhasil suara nya keren bikin orang ter cengang,, Alhamdulillah kaga meledak di gas vol makin oke sura nya, cara ngambil setrum nya yg ples di suntikan ke kabel lampu depan, yg min ke bodi motor, jangan langsung dari aki krna gk ada saringan strumnya silahkan mencoba cara saya , , ,

    ReplyDelete
  74. Loh kok sama bro,q juga nyoba sendiri dibeat lama ,alhamdululah sampe skrang amn aman aja,jossss

    ReplyDelete
  75. Maaf Gan saya mau nanya niih,kalo pasang son boster motor vario 125 FI,cara nyambungnya kemana yah...mohon infonya dong..?

    ReplyDelete
  76. Saya pengen banget pasang son boster tp gak tau cara pasangnya di vario 125 FI

    ReplyDelete
  77. Gan, saya coba buat pakai amplifier, pakai speaker 5" resistor 10k, saya tambahkan rangkaian bluetooth reciver (opsional) setelah saya test, hasil bass nya kurang, duaranya (dung dung dung, sampai nguiiiiinnngggh) bagaimana caranya agar bass nya mantep, dan hasil suara (Dug DUg dug.)

    ReplyDelete
  78. Saya bingung letak kabel spul/kiprok di vario 150 led. Apakah ada yg tau?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...