Monday, May 6, 2013

Cara membuat lampu depan motor jadi terang | Utama


Gambar lampu motor
Credit : tdwclub
Lampu utama motor adalah salah satu perangkat sepeda motor yang sangat fatal dalam berkendara di malam hari.Hal itu sangat membantu dalam penglihatan pengemudi pada saat malam hari dan sebagai tanda untuk pengendara yang lainnya. Salah satu cara bikin lampu utama tambah terang bisa dengan cara menurunkan spesifikasi bohlam pada lampu ganda. Untuk motor sistem kelistrikan lampu arus AC (bolak-balik), menurunkan ukuran watt bohlam yang bentuknya sama dengan asli bisa bikin cahaya tambah terang.

Sebaliknya kelistrikan arus DC atau searah. Watt bohlam pakai lebih rendah, maka turun pula pencahayaanya. Yang dimaksud kelistrikan AC seperti di motor bebek atau matic. Lampu utama baru menyala harus didahului mesin hidup. Sedangkan sistem DC seperti di Honda Tiger. Meski motor mati asal kunci dan sekalar ON, lampu akan menyala. Ganti watt bohlam lebih kecil di motor kelistrikan AC bikin terang, karena arus listrik dari sepul yang dikeluarkan ke bohlam memang lebih besar. Tapi, besarnya dibatasi kiprok. Makanya bisa lebih terang jika watt turun tapi tidak sampai bikin putus bohlam. Beda hal dengan motor kelistrikan DC. Semakin besar watt bohlam, makin terang cahayanya. 

Tapi, tentunya tergantung dari kemampuan aki tersebut di motor. Makanya kalau lampu ganda mau tambah terang, pakai bohlam dengan watt lebih kecil. Misalnya jika awalnya 35W/12V bisa ganti jadi 25W/12V, atau dari 25W/12V pakai bohlam 18W/12V. Tapi, bentuk bohlam harus sama dan produk asli.

Tapi kalo cara tersebut masih belum menunjukan hasil yang memuaskan ane saranin buat beli lampu HID aja dijamin pasti terang.Dibalik itu lampu HID juga mempunyai kerugian buat orang lain yaitu pengendara yang ada di berlawanan dengan motor kita akan silau terkena sinar lampu yang begitu terang.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...