Wednesday, February 12, 2014

Cara Mencegah Baut Agar Tidak Berkarat dengan Seal Buatan

Cara mencegah baut agar tidak berkarat dengan seal buatan
credit : pistoncommander.wordpress.com
Cara mencegah baut agar tidak berkarat dengan seal buatan - Pada saat musim hujan mulai melanda, para pengguna sepeda motor ataupun kendaraan lainnya harus kembali waspada dengan akibat yang di timbulkan. Terutama masalah karat, masalah ini memang lebih cepat datang pada saat musim penghujan datang. Air yang terciprat bercampur kotoran dan pada akhirnya dapat membuat proses korosi pada part besi menjadi lebih cepat. 

Untuk masalah part khususnya di sepeda motor matic, jangan hanya part-part besar yang diperhatikan, tapi part kecil juga harus mendapatkan perhatian, apalagi part kecil yang jarang di buka juga harus mendapat perawatan extra. Misalnya dua baut yang mengikat tutup master rem, walaupun sekilas terlihat rapat, part ini tidak terhindar dari karat. Besarnya karat muncul dibagian ulir baut, jadi tidak terlihat, tapi kalau dibiarkan berlarut-larut, akibatnya baut menjadi lebih susah dibuka dan lebih mudah patah. Apalagi baut ini jarang di buka. 

Salah satu cara mencegah baut agar tidak berkarat dengan seal buatan untuk mencegah terjadinya karat di ulir baut pengikat tutup master rem, anda dapat memasangkan karet sil, sebab ini berguna untuk mencegah masuknya air ke ulir baut,apalagi selama ini, bentuk baut cekung ke dalam dapat membuat air pun menjadi lebih mudah untuk masuk. Bagi anda yang sulit mendapatkan seal dengan ukuran baut tersebut,masih bisa diakali. Anda dapat menggunakan karet bekas ban dalam yang di potong membulat seukuran bentuk baut, tidak lupa bagian tengahnya di bolongi untuk dilewati batang baut, seperti seal. 

Apabila seal buatan ini telah rapi, anda dapat kembali mengencangkan baut hingga rapat. Dijamin air hujan atau sisa air saat mencuci sepeda motor tidak bisa lagi masuk kedalam ulir. Akibatnya akan terasa saat anda akan membuka baut ini nantinya, baut jadi gampang dibuka, tidak memerlukan tenaga extra. 

Demikian cara mencegah baut agar tidak berkarat dengan seal buatan yang sederhana namun bermanfaat saat dibutuhkan.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...