Friday, February 14, 2014

Menambah atau Meningkatkan Tenaga Honda Spacy Fi Injeksi

Cara Menambah atau Meningkatkan Tenaga Motor Honda Spacy Fi Injeksi
credit : dwisfan.blogspot.com
Menambah atau meningkatkan tenaga honda spacy FI injeksi - Kekurangan part performa motor injeksi, khususnya skubek tidak membuat para teknisi motor nyerah untuk up grade performa Honda spacy Fi. Untuk blok silinder bisa memakai punya Honda beat karburator, namun harus sedikit dimodifikasi lubang baut yang posisinya dekat dengan rantai keteng. Lubangnya harus di geser ke dalam. Dan untuk ganti boring yang lebih besar untuk dijejali piston Kawasaki kaze oversize 1,00(diameter 54 mm). Isi silinder pun membesar jadi 125,9 cc, tapi biar kompresi tidak terlalu tinggi untuk menambah atau meningkatkan tenaga honda spacy FI injeksi, dome piston kaze keluaran NPP tersebut di rubah menjadi rata, kubah kepala silindernya juga agak dikerok sedikit, dan selanjutnya harus diukur rasio kompresinya. 

Buat lubang masuk dan keluar, diporting sekitar 0,5 mm. Selanjutnya diganti memakai punya vario 125 Fi. Sementara kem masih menggunakan bawaan yang aslinya atau bawaan pabrik. Perubahan lainnya perklep di tukar dengan kaze dipadukan dengan kuku klep mio. Di bagian CVT hanya ganti roller yang beratnya lebih ringan, yaitu memekai 8 gram rata, untuk yang lainnya masih standar sepeda motor matic termasuk knalpot. 

Untuk diameter roda diganti dengan menggunakan ring 17 inci. Ketika didyno di bengkel, ternyata kekuatan maksimum menjadi 8,114 dk di 7.280 rpm (standar sekitar 6,7 dk) sementara torsi puncak tembus 9,366 di 7.679 rpm (Standar 7,2 Nm), tetapi di putaran 7.000 an saat suhu mesin panas,masih terdengar suara ngelitik, padahal bahan bakar sudah menggunakan shell super.  

Tapi begitu ECU nya diganti memakai produk aRacer RC-1 dengan harga 5,8 juta milik USR, serta mapping fuel dan pengapian diatur sesuai kebutuhan mesin, suara ngelitik tadi langsung lenyap tak berbekas. Tidak hanya itu kekuatan maksimum menambah atau meningkatkan tenaga honda spacy FI injeksi juga berhasil terkoreksi lebih tinggi lagi yaitu menjadi 8,913 dk di 6.333 rpm. Sedangkan torsi naik jadi 10,02 Nm di putaran yang sama (6.333 rpm). Artinya apabila mesin sudah bore up dan untuk menyesuaikan kebutuhan bahan bakar di semua putaran mesin tidak cukup ganti injector saja,tapi minimal memakai piggyback. Demikian menambah atau meningkatkan tenaga honda spacy FI injeksi.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...