Sunday, November 3, 2013

Tips agar ban motor tidak sering kempes


http://duniamotormaticindonesia.blogspot.com/2013/11/tips-agar-ban-motor-tidak-sering-kempes_3.html
duniamotormaticindonesia.blogspot.com
Suhu udara adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kendaraan kita. Mengapa demikian ? Karena suhu merupakan salah satu faktor yang peka terhadap mesin dan ban sepeda motor kita. Sering kita tidak menyadari mengapa ban sepeda motor kita sering sekali kempes , padahal baru beberapa hari kebelakang di pompa. Nah itu dikarenakan oleh suhu udara , terutama pada saat malam sampai pagi hari . Karena pada saat itu suhu udara sedang rendah-rendahnya sehingga mengakibatkan ban motor kita kedinginan dan ditambah oleh faktor ubin rumah kita yang sama-sama dingin, apalagi sepeda motor yang menggunakan ban berukuran kecil ( ala thailand style ). Penggunaan ban kecil sangat berpengaruh sekali dalam kualitas kepadatan ban sepeda motor karena daya lekat ke ubin rumah lebih sempit sehingga udara disekitar ban tersebut dengan mudah bisa mempengaruhi tekanan ban. Nah sekarang langsung saja ke cara atau tips agar ban sepeda motor kita tidak sering kempes. 

Pertama siapkan kain dengan ukuran 1x1 meter 2 buah, setelah itu ditilep secara persegi sampai berukuran kurang lebih 20x25 cm. Ketebalan kain sangat berpengaruh , semakin tenal semakin bagus. Selain menggunkan kain bisa juga menggunakan papan dari kayu dengan tebal kurang lebih 1 cm dan luas 20x25 cm. 

Kedua, letakkan kedua kain atau papan yang sudah disiapkan tadi di bawah ban depan dan belakang sepeda motor kita. Langkah tersebut dimaksudkan untuk mengurangi tekanan udara dingin yang masuk kedalam ban sepeda motor melalui ubin pada malam hari khususnya lewat tengah malam sampai pagi.

NB : Apabila langkah di atas tidak berhasil , saya sarankan untuk mengecek ke tukang tambal ban, takutnya ada lubang kecil di ban dalam yang menyebabkan hal tersebut terjadi. 

Demikian cara atau tips agar ban sepeda motor kita tidak sering kempes. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...