Thursday, May 2, 2013

Perkembangan Sepeda Motor Matic Indonesia dan Dunia


http://duniamotormaticindonesia.blogspot.com/
Credits
   
Bagi banyak orang, sekarang ini yang bisa disebut pelopor motor matic adalah Yamaha Mio yang pertama kali dirilis pada tahun 2004 silam. Tapi anggapan itu sebenarnya salah sama sekali, karena pada tahun 1991 selama Mio masih menjadi angan-angan oleh insinyur-insinyur Yamaha, Vespa sudah duluan melenggang dengan produk matik pertamanya di Indonesia dengan nama Corsa 125, atau didunia lebih dikenal dengan nama Vespa PK 125 yang telah lahir pada tahun 1984 dinegera Italia sana.Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu.

Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.“Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. 

Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congosaat itu.Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.Terbukti pada tahun 1984 di Itali terlahir sebuah varian Vespa dengan nama Vespa Corsa 125 yang telah menggunakan transmisi matic. Corsa ini masih menggunakan basis teknologi 2 langkah atau 2 Tak, beda dengan Nouvo yang sudah 4 Tak. Hal tersebutlah yang mungkin kebanyakan tidak kita ketahui.

Yamaha Nouvo, masih kita ingat dengan launchingnya yang menggunakan aktor lapangan hijau yaitu Michael Owen beberapa tahun silam. Nouvo merupakan motor matic yang mungkin bisa dibilang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada abad 20 tepatnya tahun 2002 setelah terdahului oleh Vespa Corsa 125 pada abad 19.

source : dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...