Thursday, May 02, 2013
Unknown
Credits |
Bagi banyak orang, sekarang
ini yang bisa disebut pelopor motor matic adalah Yamaha Mio yang pertama kali
dirilis pada tahun 2004 silam. Tapi anggapan itu sebenarnya salah sama sekali,
karena pada tahun 1991 selama Mio masih menjadi angan-angan oleh
insinyur-insinyur Yamaha, Vespa sudah duluan melenggang dengan produk matik pertamanya di
Indonesia dengan nama Corsa
125, atau didunia lebih dikenal dengan nama Vespa PK 125 yang
telah lahir pada tahun 1984
dinegera Italia sana.Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad
silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun
1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di
akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck,
Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat
Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan
4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di
daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat
produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan
Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin
Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.Pada
akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu.
Setelah perang
usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio).
Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk
mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan
perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat
Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan
yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern
Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman
dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan
mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah
kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis.
Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk
penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang
sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.“Demam Vespa” di tanah air sangat di
pengaruhi oleh “Vespa Congo”.
Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh
Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas
di Congosaat itu.Menurut beberapa narasumber, setelah
banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu
pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung
perkembangan Vespa di tanah air.Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa
yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di
Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai
surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa
di Indonesia.Terbukti
pada tahun 1984 di Itali terlahir sebuah varian Vespa dengan nama Vespa Corsa
125 yang telah menggunakan transmisi matic. Corsa ini masih menggunakan basis
teknologi 2 langkah atau 2 Tak, beda dengan Nouvo yang sudah 4 Tak. Hal
tersebutlah yang mungkin kebanyakan tidak kita ketahui.
Yamaha Nouvo, masih kita ingat dengan launchingnya
yang menggunakan aktor lapangan hijau yaitu Michael Owen beberapa tahun silam.
Nouvo merupakan motor matic yang mungkin bisa dibilang pertama kali
diperkenalkan di Indonesia pada abad 20 tepatnya tahun 2002 setelah terdahului
oleh Vespa Corsa 125 pada abad 19.
source : dari berbagai sumber
source : dari berbagai sumber
0 komentar:
Post a Comment